MENU

Senin, 18 April 2011

TAMAN WISATA KOTA - TAMAN WISATA LEMBAH DIENG




Saat ini penulis akan mencoba merivew sebuah taman di Kota Malang......
Yap... yap... yap......
Sebelum meriview, sekilas penulis ingin mengajak para pembaca untuk memahami betapa pentingnya taman atau ruang terbuka hijau bagi suatu kota... 


Hai.... hai.... bukan bermaksud menggurui atau mengajari atau apalah itu namanya namun sekedar mensharingkan aja apa yang telah didapat oleh penulis,
KOTA


Dah tau semua kan mengenai kota, menurut penulis nih.... kota merupakan kumpulan dari berbagai macam orang (emang orang ada beberapa macam???? xixixixix) yang mempunyai kepentingan yang sama, mempunyai riwayat yang sama lebih spesifiknya lagi punya batas administratif, terdiri atas kesatuan bangunan dll dah. Hahahahahahah...... Kota merupakan salah satu bagian dari lingkungan hidup. Untuk itu, perlu adanya penataan terhadap pola kota. Penataan terhadap pola kota erat kaitannya dengan pola taman maupun ruang terbuka hijau kota. Mengapa demikian? Dalam sebuah peneilitan menyatakan bahwa pola penyebaran taman berkaitan erat dengan ekologi suatu kota tersebut. Selain itu taman kota memiliki banyak sekali fungsi antara lain fungsi sosial (sebagai tempat komunikasi sosial, peralihan dan menunggu, bermain dan olahraga dan lain sebagainya) dan  fungsi ekologis (penyegaran udara, penyerap air hujan, pelembut arsitektur bangunan dan lain sebagainya). Setelah mengetahui betapa pentingnya suatu taman dalam suatu kota.
Maka perlu untuk mengetahui standar taman kota itu sendiri..... !!!!!!
Nyok kita bahas one by one..... two by two....... three by three halah malah berhitung hahahahahah... Pokoknya dibahas yak.....



Taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapatkan kesenangan, kegembiraan, dan kenyamanan (Lauria, 1986 : 9).  Tapi kayaknya penulis agak kurang setujuh deh yang ada kata-katanya lahan berpagar, emang kalau taman itu harus berpagar yah.... heheheh mungkin maksudnya untuk melindungi taman tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya perusakan taman atau apalah itu. 

Sedangkan untuk taman kota sendiri ditinjau dari kondisi fisiknya, taman kota disebut juga dengan ruang terbuka hijau yang digunakan orang banyak untuk beraktifitas setiap waktu. Pengertian mengenai taman kota ini ialah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota. taman kota ini dapat dinikmati semua orang tanpa harus mengeluarkan biaya. 
Hargailah taman serta tanaman yang ada didalamnya yah......... agar terjaga kelestarian taman itu... HIDUP TAMAN !!!!! HIDUUUUUPPPPPPP
Back to laptop................ eh salah back to TAMAN 


Standar Taman Kota
Agar taman kota berfungsi secara optimal maka perlu adanya standar taman kota, apa aja sih standar taman kota.......?????
Cek it dot dah... (gaya olga ma rafi....)
Standar taman kota gak perlu muluk-muluk lah, yang penting bisa memberikan kenyamanan, kegemberiaan dan kesenangan nah... itu semua didukung dengan elemen-elemen dibawah ini:
a.       Material Landscape atau Vegetasi
Yang termasuk dalam elemen landscape antara lain :
1.      Pohon
2.      Perdu
3.      Semak
4.      Tanaman Penutup Tanah
5.      Rumput
b.      Material Pendukung
Yang termasuk dalam material pendukung adalah :
1.      Kolam
2.      Tebung Buatan
3.      Batuan
4.      Gazebo
5.      Jalan Setapak (Stepping Stone)
6.      Perkerasan
7.      Lampu Tanaman
WOW....!!!!! tiada terasa sudah panjang lebar kita membahas mengenai taman kota
It’s time to MENGAMBIL SATU CONTOH TAMAN REKREASI KOTA DI MALANG


Yupzzzz...... INI DIA TAMANNYA



Orang Malang pasti sudah tahu dong... hayo apa?????

TAMAN WISATA LEMBAH DIENG 

Sekilas Mengenai Taman Wisata Lembah Dieng 
Taman Wisata Lembah Dieng adalah sebuah taman wisata yang dibangun didaerah perumahaan Puncak Dieng, berlokasi di didalam perumahaan Dieng tepatnya di Jalan Wisata Dieng. Taman wisata ini dibangun sebagai sebuah sarana wisata penunjang bagi orang-orang yang bermukim di Daerah Perumahan Puncak Dieng maupun kalangan umum kota Malang. Kawasan Wisata ini dioperasikan oleh Pihak Pengelola Perumahan Puncak Dieng. Banyak sarana yang disediakan oleh Taman Wisata Lembah Dieng  antara lain :
1.      Arena Bermain Anak-anak
2.      Kolam Renag (Swimming Pool)
3.      Arena Pemancingan
4.      Arena Pertunjukan
5.      Arena Outbond
6.      Gazebo
Oleh sebab itu, untuk masuk ke Kawasan Wisata ini. Anda diwajibkan untuk membayar biaya masuk sebesar Rp. 15.000,00. Wow, cukup mahal juga yah..... eitsss.... tapi jangan salah lo pengunjungnya pun Luar Biasa banyak apalagi pada hari-hari libur. Jadi, mahal itu relatif bagi banyak orang hahahahahahahaha............ Kawasan ini terus dikembangkan untuk memberikan kenyaman terhadap pengunjung yang ada. 

Desain Taman Wisata Kota 

Desain Taman Wisata Kota ini lebih meonjolkan kesan natural. 
Ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini.....



 Gambar 1


Gambar 2.



Gambar 3.
WOW KEREN ya tampak dari atas......

Lingkungan Sekitar


Kawasan objek wisata Lembah Dieng Malang, Jawa Timur menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di kota Malang. Wisata ini menawarkan kolam renang bertaraf internasional serta tamannya.
Ketika memasuki kawasan elit Istana Dieng. Suasananya terasa sejuk, jauh dari kebisingan orang dan kendaraan. Lokasinya hanya lima kilometer dari pusat Kota Malang. Jika ditempuh dengan berkendaraan, sekitar 7 menit dari Alun-alun Kota Malang.  

Aktivitas Pengunjung

Pengunjung yang masuk ke Taman Wisata ini, akan diberikan kebebasan dalam memilih apa yang ingin dilakukan seperti kegiatan memancing, berenang ataupun sekedar tempat berkumpul keluarga. Taman Wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 sampai pukul 18.00. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di taman wisata ini, well.. penulis akan bahas satu persatu:
1.      Bermain
 

Di dalam taman ini disediakan banyak sekali arena bermain seperti lapangan terbuka, perahu kayuh dan arena bermain lainnya.. Sehingga anak-anak akan dengan leluasa berlarian maupun bermain di lapangan terbuka ini. Selain itu dalam taman ini juga  terdapat berbagai macam binatang seperti anjing, ayam dan burung tentunya semua di dalam kandang heheheh..... binatang-binatang ini  dengan sengaja diternakkan disini. Pada umumnya arena bermain di taman ini banyak yang kurang terawat sehingga banyak juga yang sudah usang maupun rusak atau lebih ekstrim tidak bisa dipakai lagi. Hem... cukup disayangkan sekali yah......
2.      Berenang




 Banyak juga loh yang berenag disini. Berenag merupakan aktivitas yang cukup digemari oleh banyak orang dari mulai yang anak-anak, remaja, dewasa sampai yang tua. Baik itu sebagai saran bermain maupun berolahraga. Arena berenang ini dibagi menjadi dua yakni didalam taman dan di arena khusus swimming pool. Antara di dalam taman dan swimming pool berbeda keadaanya serta fasilitas yang disediakan loh......., di dalam taman kolam renang umumnya sempit sedangkan untuk arena khusus swimming pool cukup luas dan disediakan berbagai macam arena didalamya, namun kedua tempat ini terjaga kebersihannya sehingga bisa berenang sepuasnya deh. Namun jika ingin masuk ke arena swimming pool para pembaca harus membayar lagi sebesar Rp. 10.000,00.  Sehingga jika pembaca ingin mengunjungi kawasan wisata ini segera tentukan tujuan anda.
3.      Memancing



\Nah, untuk aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung adalah memancing, hal ini dapat dilihat disetiap sudut area kolam pasti ada banyak orang yang memancing. Hem... bagus sekali untuk melepas kepenatan sambil bercengkrama dengan keluaraga, maupun hanya sekedar untuk menyalurkan hobi.
4.      Arena Pertunjukan




Aktivitas yang juga bisa ditemui pada saat tertentu ialah sebuah pertunjukan di arena yang ada dalam taman wisata Lembah Dieng. Yap... seperti namanya arena pertunjukan ini digunakan untuk pertunjukan baik itu teater, musik dan lain sebagainya. Arena pertunjukan ini digunakan ketika terdapat acara-acara tertentu saja seperti acara mahasiswa yang biasanya merupakan bagian dari outbond.
5.      Outbond










Selain aktivitas diatas juga terdapat aktivitas bermain, belajar sambil saling membangkitkan keakraban yaitu dengan outbond. Di taman wisata ini terdapat  arena outbond juga loh, hem lengkap juga yah taman wisata ini. Arena outbond ini berada di depan taman wisata dan disamping arena swimming pool. Aktivitas untuk hal ini tidak setiap hari kita dapat lihat namun pada hari-hari tertentu saja.  


DOKUMENTASI LAIN : 


OKE DEH.....
Sekian dari saya.... jika ada salah kata atau perbuatan dan lain sebagainya 
mohon sekali dimaafkan 
SAAAAAALLLLLLLAAAAAMMMMMMM PERDAMAIAN

BAYU EKA WICAKSANA 
0810440032
A

1 komentar:

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/pria-ini-yang-diinginkan-wanita-dari.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/awas-tak-semua-air-minum-kemasan.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/gara-gara-tenggak-kopi-curian-monyet.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/main-hakim-sendiri-berujung-pidana.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus